Solusi Buat PC Yang Tidak Support USB Booting

 To the point aja ..... Untuk pc yang tidak support usb booting alias bios nya tidak ada fitur buat boot option ke usb bisa mencoba Boot Manager dari PLOP ( http://www.plop.at/en/home.html ).
Caranya juga terbilang mudah dan alhamdulillah sudah saya praktekkan di pc yang ada di warnet rekan saya yang kebetulan tidak ada fitur boot option ke usb di bios nya. Pertama kali download software nya di http://www.plop.at/en/bootmanager/download.html
bootmanager/download.html pilih yang paling baru saja, saya download yang plpb-5.0.14.zip.
Setelah di download kemudian ekstrak file tadi kemudian masuk ke folder 'windows' yang terdapat di file hasil kompresi tersebut. Cukup file2 yang terdapat di folder tadi yang di pakai.

Sekarang mulai prosesnya .... Untuk pemilhan metoda install di folder tersebut ada dua pilihan, install to MBR atau cukup install ke boot windows yang kita pakai sekarang ( untuk kasus saya, pakai yang xp ). Saya pilih yang install to boot menu, cukup klik pada batch file 'InstallToBootMenu.bat' dan silahkan lihat sendiri prosesnya. Catatan : untuk windows7 lakukan eksekusi 'as administrator'.Hasil dari proses di atas bisa di lihat di file boot.ini ( terdapat di root windows, biasanya di drive C: ) kalau kita buka file tersebut dengan notepad maka akan terdapat tambahan script hasil dari proses oleh batch file di atas, seperti ini kalau di pc saya :

[boot loader]
timeout=5
default=multi(0)disk(0)rdisk(0
)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /n0execute=optin /fastdetect
C:\plop\plpbt4win.ldr="Plop Boot Manager"

Penjelasan :
Kalau proses di atas sudah terjadi maka nantinya ketika pc kita restart ( booting ) akan ada pilihan boot menu yaitu :

Microsoft Windows XP Professional ( dan )
Plop Boot Manager

* Untuk option timeout sudah saya rubah menjadi 5 detik yang asalnya ( default ) di 30 detik
Untuk masuk ke windows seperti biasa cukup kita pilih yang Microsoft Windows XP Professional atau karena sudah saya set timeout nya jadi 5 detik cukup tunggu aja 5 detik maka otomatis kita masuk ke windows seperti biasa. Dan bila memilih option Plop Boot Manager maka nantinya kita akan di bawa ke tampilan dari Plop Boot Manager yang tentunya sudah terdapat pilihan untuk booting dari usb, karena saya belum meng-capture monitor di pc saya jadinya saya hanya bisa memberikan screenshot dari situs Plop nya langsung, bisa di cekidot di http://www.plop.at/images/bootmanagerv5/bootmngr5_2.jpg
Kurang lebih seperti itu gambarnya ;)

* Tambahan, nantinya setelah proses di atas akan ada juga folder tambahan di drive C: yang di generate dari proses di atas, yaitu folder 'plop' yang isinya terdapat file2 seperti plpbt4win.exe ; plpbt4win.ldr ; dan plpbt.bin

Silahkan di coba, mudah2an bermanfaat ;)

Referensi : www.google.co.id | www.plop.at

2 comments:

phoger said...

kenapa saat load pertama kali, file boot.ini tidak bisa terbaca ya?
ada pencerahan?? komputer tidak dapat membaca file boot.ini
tulisannya "invalid boot.ini file"

Mumtazian said...

coba di cek lagi file boot.ini yg ada di direktori system .... barangkali isinya kehapus atau belum masuk script dr plop nya ... bisa di bandingkan dengan file boot.ini yg ada di gambar contoh punya saya, mudah2an bisa membantu .... terima kasih sudah mampir

Post a Comment

... be responsible with your comment

 
MumtazianGoBlog   •   powered by blogger   •   original theme : carbon 12 by bloggerbits modified by mumtazian